Jumat, 05 April 2013

Education vs Creativiy

Sekilas, tadi sempet ngeliat video tentang kreativitas.

Creativity vs. Education

Nah, menurut ahli yang berbicara itu, kalo sebenarnya sekolah (education) dengan sistemnya yg sedemikian, bisa menghambat kreativitas seorang anak. Masalahnya adalah, Sang Pembicara berasal dari Inggris, dimana mungkin saja sistem pendidikannya jauuuh lebih baik dari Indonesia -terlebih jika dilihat dari umur negara dan "seattle"nya negara itu dibanding negara kita.

Yang bisa saya ambil di sini adalah, jika memang negara Inggris, masih saja mempertanyakan sistem pendidikan mereka, maka bagaimana dengan Indonesia? Sejenak setelah saya dengar bagian awalnya saja saya langsung sedikit pesimis dengan sistem pendidikan di negara kita. Lha yang wong Inggris saja masih protes dengan sistem pendidikan mereka je, hanjuk kita gimana?

Saya bukan tidak percaya dengan ahli pendidikan kita atau lebih memuja sistem pendidikan luar negeri -saya adalah hasil didikan full di Indonesia dan saya hanya bersekolah swasta saat SD, sisanya, SMP dan SMA saya bersekolah di sekolah negeri- saya bahkan belum jelas tau bagaimana sistem pendidikan di luar sana. Sebagai orang awam, saya hanya bisa katakan bahwa saya justru bersyukur bahwa sebenarnya perbaikan kurikulim di Indonesia yang cukup sering terjadi -hampir 5 tahun sekali- tersebut banyak tujuan baiknya. Dulu, sebagai seorang siswa saya sangat kesal kenapa harus gonta-ganti kurikulum. Jawabannya baru bisa saya pahami sekarang, saat saya duduk di tahun keempat strata sarjana: Ini untuk perbaikan sistem, agar siswa bisa terasa kreativitasnya, bukan hanya dicekoki saja dengan pelajaran-pelajaran yang ada, namun bisa menjadi lebih kreatif dengan "mencari jawabannya" sendiri. Nah, masalahnya memang, apakah anak SD kelas 1 sudah bisa diajak seperti itu? Entahlah, biarlah mereka yang lebih tahu menjawab pertanyaan itu.

Nah, kembali pada education vs. creativity , saya sih sebenarnya belum bisa menentukan apakah saya cukup setuju atau tidak setuju dengan pernyataan itu....

Aduh berat nih ngomong soal sistem dan segala hal tentang nyaa...

Tapi, apakah kita terus menentang dan tiak mengikuti sistemnya? ya nggak mungkin. Yasudahlah... Hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar